Sinopsis 5 cm

Sebenernya udah lama banget pengen nulis synopsis novel ini..tapi waktunya itu yang gak ada & penyakit males yang gak ketulungan T_T

Saya sendiri pertama kali kenal dengan novel ini pas semester 1 kuliah, direkomendasi sama temen trus jadi ketagihan baca sampai berkali-kali :D.. Kalau lagi gak semangat sama urusan kuliah, gak tahu kenapa pas baca novel ini jadi termotivasi lagi, selalu inget sama kata-kata 5 cm-nya ^^

5 cm

Cuma yang suka bikin bingung, disini kebanyakan kutipan lirik lagu sama film-film barat..nah sedangkan saya orang awam yang gak terlalu update british music..tapi bagaimanapun buat saya novel ini tetep the best ^^

Ini saya share sedikit sinopsisnya..semoga masih inget ia :)

Check this out..

Ceritanya bermula dari 5 orang yang sahabatan dari SMA yang pastinya udah dekeeeeeeeett banget hubungannya..kemana-mana bareng walaupun mereka udah beda kampus..nih orang-orangnya..

Arial..adalah sosok yang paling ganteng di antara mereka berlima..Arial ini berbadan besar, tinggi dan berkulit hitam..orangnya sporty abis kemana-mana selalu pakai sepatu basket tapi rapi..orang yang biasa aja tapi asik, jarang nyela, jarang becanda tapi kalo ketawa paling keras.. Arial ini anak Fakultas Hukum yang gak ngerti hukum tapi orangnya paling patuh sama peraturan..

Riani..adalah cewek satu-satunya diantara mereka berlima..pakai kacamata, cantik, cerdas dan sangat mengutamakan prestasi..seorang aktivis kampus makanya dia pintar..

Zafran..adalah seorang penyair yang selalu bimbang..kesan pertama ngeliat dia beda banget sama pas udah kenal lama..badannya kurus banget, rambutnya gondrong samping dan depan aja mirip vokalisnya Oasis (Liam Galaggher)..orangnya modis tapi kelakuannya berantakan..orang paling aneh deh pokoknya :D

Ian..adalah penggemar berat sepak bola yang gak bisa maen bola..klub inggris faovoritnya “Manchester United” (sama kayak saya :D)..badannya bengkak, badannya botak sering dijulukin “banana boat”, “bebek sepeda air Taman Mini”, “pesut Ancol”, “gajah dumbo” bahkan “teletubbies”..pengoleksi film “yadong” (coba dicari sendiri artinya apa ia..tu bahasa Korea :D)

Genta..adalah “The Leader”..penggemar berat Riani tapi yang lain pada gak tau bahkan Riani sendiri gak ngerasa..tipe orang yang lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri..badannya agak besar, berambut lurus berjambul dan berkacamata..sifatnya sama seperti Riani..sosok paling perfect deh buat dijadiin pacar :D

Nah karena mereka terlalu sering kumpul itu akhirnya mereka merasa bosan juga..merasa gak ada lagi topik yang harus didiskusiin (karena semuanya udah mereka bahas)..dan akhirnya Genta memberikan ide supaya mereka berlima gak ketemu dulu selama 3 bulan..tepatnya sampai tanggal 14 Agustus..nah nanti pas tanggal 7 Agustus Genta bakal SMS mereka suruh bawa apa aja..karena planning ini secret buat mereka keculai Genta..

Selama gak ketemu 3 bulan itu..banyak banget perubahan yang mereka alami..mereka jadi orang yang lebih kaya hati dan pikiran..khususnya buat Ian sama Arial..karena yang paling banyak dibahas disini ia mereka berdua..

Ian..akhirnya menyelesaikan skripsinya yang udah tertunda lama banget..dengan perjuangan yang sangat keras ditolak perusahaan untuk menyebar kuesioner tapi akhirnya Ian lulus juga..Ian juga jadi lebih kenal dengan dosen pembimbingnya (dosennya lucu namanya Sukonto Legowo *yang punya tanda peringatan bacanya jangan disambung* kalau ngomong sama Ian lama banget, tiap kata pakai titik..tapi kalau ngajar ngomongnya cepet) yang tadinya sangat tidak disukai Ian..4 bab diselesain 2 bulan lho sama Ian *hebat* (saya aja masih bingung sama judul T_T)

Arial..akhirnya punya pacar..namanya Indy..cewek yang dia kenal di tempat fitness..mereka jadian di puncak..di villanya Arial..dan pas pulang ini jadi pertama kalinya Arial melanggar peraturan karena sepanjang jalan Arial menyetir cuma dengan 1 tangan, 1 tangannya lagi asik menggenggam tangan Indy (so sweet)

Riani..karena sangat tertarik dengan dunia broadcasting..dia magang di stasiun TV swasta dan baru 1 bulan sudah bisa megang liputan (Riani memang hebat)..dan kalau ditanya gimana caranya dia cuma jawab dengan kata-kata “5 cm” J

Genta..sukses dengan project-project EOnya dengan ide-ide cemerlang..dan sama seperti Riani kalau ditanya ko bisa??dia cuma jawab dengan kata-kata “5 cm” (haduuuh jodoh banget si)

Zafran..masih PDKT dengan adik kembarannya Arial “Arinda” yang sebenarnya menyukai Genta..Zafran disini ceritanya dikit banget..gak ada perubahan malah..masih ngerjain proyek-proyek pribadinya..ia masih sama aja buat saya

Akhirnya mereka kumpul tanggal 14 Agustus di stasiun Senen..sebelumnya tanggal 7 Agustus Genta udah SMS mereka buat bawa apa aja..Arial ngajak kembarannya..yang bisa nebak mau kemana cuma Arial..ia..mereka mau ke Mahameru (wwaaaaahh pengen sumpah pengen banget)

Ia udah mulai dari sini ceritanya tentang perjalanan mereka ke Mahameru (baca aja bukunya kalau mau jelas..karena panjaaaaaaaaaaaaang banget kalau harus diceritain ulang hehehe :D)..pokoknya ceritanya seru banget disini..ngebuat saya jadi ngiler pengen ke Mahameru tapi pasti gak diijinin ortu :(

Nah dari perjalanan mereka masih di kereta sampai di puncak Mahameru, banyak banget pengalaman yang mereka alami yang membuat mereka tahu kerasnya tanah air sekaligus membuat mereka lebih cinta sama tanah air..yang pas sampai di puncak istilahnya mereka itu “tobat”..karena memang katanya kalau kita sudah pernah ke puncak Mahameru, kita bakal berubah jadi orang yang lebih baik, bawaannya pengen tobat deh..Subhanallah ^^

Disini juga mereka kenal dengan rombongan lain yaitu ketuanya namanya Deniek..mereka ini punya temen yang meninggal di Mahameru namanya Adrian (namanya sama dengan nama Ian) dan karena gak ketemu jasadnya jadi disana banyak dibuat pemakaman-pemakaman tapi cuma dari tempat mereka hilang..

Nah kalau di gunung itu kan emang suka ada kejadian-kejadian aneh..dan pas udah mau sampai puncak..jalanannya mulai curam..banyak batu jatuh dari injekan kaki para pendaki juga..dan ada kejadian batu sebesar kepala manusia banyak jatuh pas di depan gerombolan Genta dkk.

Ada batu yang kena Ian dan Dinda..Ian bisa dibilang sempat mati suri karena sempat gak bernapas..tapi akhirnya sadar..nah pas melanjutkan perjalanan ke puncak Ian dan Zafran melihat sesosok mahasiswa sendirian membawa bendera merah putih (karena mereka di puncak mau melalukan upacara bendera 17 Agustus) menyemangati mereka “duluan ya Mas-mas dan Mbak-mbak..ayo sebentar lagi sampai puncak langsung upacara bendera di atas”

Tapi anehnya yang melihat pemuda itu hanya mereka berdua, ke empat temannya yang lain tidak melihat pemuda itu..dan ternyata yang dilihat Ian dan Zafran itu adalah memang almarhum Adrian..karena mereka berdua mengecek ke makam Adrian yang terdapat foto Deniek dkk dan di foto tersebut terdapat foto pemuda dengan almamater kampus membawa bendera mirip dengan sosok pemuda yang menegur mereka di puncak..

Nah setelah mereka semua istrihat hanya Genta dan Riani yang masih di luar tenda menikmati api unggun..di sini Genta mengungkapkan semua perasaaanya ke Riani dan Riani juga mengungkapkan perasaannya ke Genta tapi sayangnya orang yang selama ini disukai Riani itu bukan Genta tapi Zafran (nah ribet kan percintaannya)..di dalam tenda Zafran dan Dinda (panggilan untuk Arinda) meskipun keduanya berpura-pura tidur tapi mereka mendengar semua percakapan tersebut..

Ya cinta ada untuk cinta itu sendiri..bukan untuk dimiliki..bukan untuk Genta..bukan untuk Riani..bukan untuk Dinda bahkan bukan untuk Zafran..

Dan 10 tahun kemudian…

Mereka masih berkumpul bareng karena anak-anak mereka bersekolah di TK yang sama..lucunya anak-anak mereka punya sifat sama persis dengan orang tuanya ^^

Arial menikah dengan Indy dan memiliki anak lelaki bernama Arian..Zafran menikah dengan Riani dan memiliki anak lelaki bernama Zafran Jr. dan akan memiliki anak lagi karena Riani sedang hamil anak kedua..Genta menikah dengan Citra (teman kantor Riani) dan memiliki anak lelaki bernama Aga..Ian menikah dengan Happy Salma dan memiliki anak bernama David..dan Dinda menikah dengan Deniek dan memiliki anak perempuan yang bernama Deninda..

Dan mereka juga mengajarkan kata-kata “5 cm” kepada anak-anak mereka..karena mereka sampai saat ini masih menggunakan kata-kata tersebut ^^

Bagaimana tertarik untuk membaca?? :)

About these ads

9 Komentar

  1. Reblogged this on Khoeronnisa's Blog.

  2. terimakasih untuk sinopsisnya :)
    makin tertarik buat beli novel 5cm. Sekarang berapaan ya harganya setelah dibikin film?

    • hmm kurang tau ia berapa..yg sekarang ni kan udah banyak versiny..ada yg cover film ada yg cover comic..tapi mungkin 50ribu kali ia :D

  3. Harganya sekarang 65 di gramedia !

  4. pengen punya novel sama filmnya.. ..

    • silahkan beli..
      tp kalo filmny belum keluar link downloadny :D

    • udh keluar koq film n novelnya ;)

  5. saya blm selesai nonton filmnya.
    film 5cm sm novel 5cm seru mana sih?????

    • lebih seru novelnya kemana-mana menurut aku si..
      karena kalo filmnya banyak yang kepotong dan ada tokoh yang di film itu gak ada makanya ending ceritanya juga berubah..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Visitors

    Flag Counter

  • Calendar

    April 2012
    S S R K J S M
    « Mar   Mei »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Twitter

    Error: Please make sure the Twitter account is public.

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

  • Blog Stats

    • 101,039 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 703 pengikut lainnya.