ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR

Jurnal :  Analisa Penelitian Penjualan dan Pasar Oleh Hotniar Siringoringo (2004)

I. Latar Belakang dan Masalah

Penelitian penjualan dan pasar sebagai salah satu kajian dalam penelitian pemasaran sering dilakukan oleh perusahaan.  Setiap perusahaan yang menyadari kelangsungan hidupnya tergantung dari penerimaan pasar terhadap produknya akan member perhatian yang cukup besar pada penelitian pemasaran.

Salah satu alasan keengganan manajemen memperhatikan penelitian pemasaran adalah anggapan bahwa kegiatan itu membutuhkan dana yang cukup besar disamping bahwa informasi tentang pasar dapat mereka peroleh tanpa suatu studi yang terorganisasi.

II. Tujuan Penelitian

Bertujuan untuk mengetahui volume penjualan

III. Metodologi

Variabel

Data

Data primer dan data sekunder

Tahapan Penelitian

Pengumpulan data primer dan sekunder, dan tinjauan teoritis

Model Penelitian

Metode eksploratif

IV. Hasil dan Keputusan

Bidang kajian penjualan dan pasar yang banyak diteliti dan diminati, diantaranya pengukuran potensi pasar, analisa pangsa pasar, penentuan karakteristik pasar, analisa penjualan, pembentukan kuota penjualan dan teritori, studi saluran distribusi, tes pasar, audit toko, operasi panel konsumen, studi kompensasi penjualan, dan sebagainya.

Percobaan jarang digunakan dalam penelitian penjualan dan pasar karena membutuhkan biaya yang besar.  Beberapa penelitian penjualan dan pasar yang mungkin menggunakan teknik percobaan dalam pengumpulan datanya adalah uji pasar, studi saluran distribusi dan prediksi penjualan kausal.

V. Saran dan Usulan Lanjutan

Dari berbagai macam metode percobaan yang paling tepat dalam penelitian penjualan dan pasar adalah uji pasar.  Uji pasar dilakukan dalam volume kecil dan ruang lingkup yang sempit sehingga dapat menghemat biaya.  Umpan balik didapatkan dengan menyebarkan kuesioner ke responden.  Dan diharapkan penelitian-penelitian di masa yang akan datang sebagai implikasi teoritis dapat menggunakan metode wawancara langsung.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s