ANALISA PENGARUH INFLASI (REVIEW3)

Jurnal :  Analisis Pengaruh Inflasi Dan Suku Bunga Bi Terhadap Kinerja Keuangan PT. Bank Mandiri, Tbk Berdasarkan Rasio Keuangan Oleh Neni Supriyanti (2009)

I. Latar Belakang dan Masalah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Erawati dan Liewelyn (2008).  Dengan diketemukannya spread suku bunga dalam jangka pendek yang mempunyai pergerakan yang searah dan signifikan dibandingkan dengan jangka panjang sehingga dapat di jadikan tolok ukur bagi ekspektasi inflasi, melalui karya tulis ini di sarankan agar hendaknya pemerintah lebih berhati-hati dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan suku bunga (SBI) karena erat hubungannya dengan naiknya tingkat inflasi, terutama dalam jangka pendek.

Semakin tinggi suku bunga inflasi juga semakin tinggi, misalnya hal ini dilihat dari kebijakan uang ketat dengan menaikkan suku bunga melalui operasi pasar terbuka, memang akan berdampak positif bila dilihat dari penekanan terhadap jumlah uang yang beredar, tetapi dilain sisi, hal ini akan menimbulkan masalah dalam sektor riil akibat dana masyarakat terserap semuanya ke perbankan sehingga produksi nasional terhambat, sehingga harga-harga akan meningkat tajam dengan langkanya produk di pasaran.

Dari Hasil penelitian sebelumnya tersebut menjadi motivasi untuk penelitian ini.  Berdasarkan hasil tersebut penelitian bermaksud untuk meneliti pengaruh tingkat Inflasi dan suku bunga perbankan terhadap kinerja perbankan. Adapun Indikator utama kinerja perbankan tersebut adalah ROA, ROE, NIM, dengan pertimbangan bahwa ROA, ROE, dan NIM mewakili unsur pendapatan bank berupa Laba.

II. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat inflasi dan suku bunga terhadap kinerja PT. Bank Mandiri, Tbk. Penelitian dilakukan berdasarkan rasio keuangan PT. Bank Mandiri, Tbk.

 

III. Metodologi

Variabel

Dependent variable : Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM) dan independent variable : tingkat Inflasi dan suku bunga.

Data

Data sekunder berupa grafik Inflasi dan Suku Bunga BI Tahun 2003-2007 dan data-data Rasio Keuangan PT. Bank Mandiri, Tbk

Tahapan Penelitian

Pengumpulan data sekunder, dan pengujian hipotesis

Model Penelitian

Metode regresi linier berganda dengan persamaan kuadrat terkecil
(Ordinary Least Square) dengan model dasar sebagai berikut:
Y = a + b1 X1 + b2 X2
Dimana :
Y = Variabel dependent (ROA, ROE, NIM)
X1, X2 = Variabel Independent (Inflasi, Suku bunga)
a = Konstanta, perpotongan garis pada sumbu X1
b1, b2 = Koefesien regresi

 

IV. Hasil dan Keputusan

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa setiap variable independent ( Inflasi dan Suku Bunga ), mampu memberikan pengaruhnya untuk menjelaskan variabel dependent ( ROA, ROE, NIM ) dengan baik.  Dan pada dasarnya Inflasi dan Tingkat Suku Bunga BI tidak berpengaruh secara  signifikan terhadap kinerja keuangan PT. Bank Mandiri, Tbk.

V. Saran dan Usulan Lanjutan

  • Para calon nasabah sebaiknya memperhatikan informasi-informasi mengenai Inflasi dan Suku Bunga BI yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia karena dengan adanya informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memprediksi kinerja perbankan yang kemudian untuk mengambil keputusan yang tepat sehubungan dengan kebutuhan para nasabah.
  • Perbankan harus dapat menjaga tingkat kesehatan bank, baik dari faktor permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, rentabilitas, likuiditas. Jika kelima faktor tersebut terjaga dengan baik maka krisis perbankan tidak akan terjadi dan kepercayaan nasabah tetap terjaga dengan baik sehingga fungsi perbankan dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian perbankan membantu terciptanya perekonomian suatu Negara.
  • Untuk menilai kinerja perbankan yang sehat hendaknya calon nasabah selain melihat dari sisi pengaruh suku bunga dan inflasi hendaknya memperhatikan faktor eksternal di luar pengaruh suku bunga dan inflasi.

2 Komentar

  1. apakah bisa di download jurnalnya?

    • waduh mas..saya sudah lupa jurnalny dapat dari mana..
      coba aja di googling mungkin dapat linkny nanti..
      maaf ia..
      makasii


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s