Consumer Behavior Sessi 1

sumber : http://moebarak.files.wordpress.com/2008/03/perilaku-konsumen-sessi-1.pdf

 

Alasan Mempelajari Perilaku Konsumen :

1. Analisis konsumen sebagai Dasar Manajemen Pemasaran. Analisis ini akan membantu para manajer untuk :
a. Mendesain bauran pemasaran
b. Mensegmen pasar bisnis
c. Memposisikan dan mendirensiasikan produk
d. Melaksanakan analisis lingkungan
e. Mengembangkan studi riset pasar

2. Perilaku konsumen harus memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan publik
3. Studi perilaku konsumen akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
4. Analisis konsumen memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
5. Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga jenis informasi :
a. Orientasi Konsumen
b. Fakta-fakta tentang perilaku manusia
c. Teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran

 

 

Beberapa Pengertian

James F Engel, et. al (1994)

Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.

Schiffman dan Kanuk (1994)

Istilah perilaku Konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.

Loudon dan Albert (1993)

Perilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang diperolehnya.

Kotler dan Amstrong (1997)

Perilaku konsumen sebagai perilaku pembelian konsumen akhir, baik individu maupun rumah tangga, yang membeli produk untuk konsumsi personal.

 

Mullen dan Johnson (1990)

Perilaku Konsumen sebagai pengkajian dari perilaku manusia sehari-hari.

 

Winardi (1991)

Perilaku konsumen sebagai perilaku yang ditujukan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa.

 

Ujang Sumarwan (2000)

Secara sederhana, studi perilaku konsumen meliputi hal-hal sebagai berikut, Apa yang dibeli konsumen? (what they buy?), mengapa konsumen membelinya? (why they buy it?), kapan mereka membelinya? (when they buy it?), dimana mereka membelinya? (where they buy itu?), berapa sering mereka membelinya? (how often they buy itu?), berapa sering mereka menggunakannya? (how often they use it?

 

Pikiran Yang Benar tentang Konsumen

  • Motivasi dan Perilaku Konsumen
  • Dapat dimengerti Melalui Penelitian
  • Perilaku Konsumen Dapat Dipengaruhi
  • Konsumen adalah Raja
  • Pengaruh Konsumen Sah Secara Sosial

 

Proses Keputusan Konsumen

Engel et. al. 1994

 

Pengenalan kebutuhan – Pencarian informasi – Evaluasi alternatif – Pembelian – Hasil

 

Proses Keputusan Konsumen

Proses Keputusan Kebiasaan Pembelian Ulang Engel et. al. 1994

 

Pengenalan kebutuhan – Maksud pembelian – Pembelian – Hasil

 

Peranan dalam Pengambilan Keputusan

Initiator
Yang Pertama kali menyadari adanya kebutuhan; Pengusul Ide

Influencer
Pemberi Pengaruh; yang pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian

Decider
Pengambil Keputusan; memiliki wewenang keuangan dan kekuasaan untuk
menentukan pilihan akhir

Buyer
Pembeli; Orang yang melakukan pembelian aktual; Agen Pembelian

User
Pemakai; Konsumen Aktual







 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s