Instrumen Perilaku Konsumen

Instrument perilaku konsumen

FAKTOR PERILAKU KONSUMEN, FAKTOR BAURAN PEMASARAN, KEPUTUSAN MEMBELI

 

Pengukuran faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli suatu produk baik barang maupun jasa dapat menggunakan “Model Perilaku Pembeli” yang dikemukakan Kotler et.al. (2000, hal. 221-265).

1. Untuk mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dapat dilihat dari faktor:

a.      Stimulasi Pemasaran

1)      Produk: kualitas, merek, kemasan, label.

2)      Harga: kondisi keuangan konsumen, harga pesaing, potongan harga

3)      Promosi: menghibur, efektif, atraktif, informatif, profesional

4)      Distribusi: ketersediaan produk, kemudahan mencari tempat penjualan.

b.      Stimulasi lainnya:

1)      Ekonomi

2)      Teknologi

3)      Politik

4)      Budaya

c.Perilaku Konsumen:

1)      Budaya: budaya, subbudaya, kelas sosial

2)      Sosial: kelompok acuan, keluarga, peran dan status

3)      Pribadi: umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan, kondisi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri

4)      Psikologis: motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap

2.    Untuk mengukur keputusan membeli dapat dilihat dari: pilihan produk, pilihan merek, pilihan pemasok, penentuan saat pembelian, dan jumlah pembelian.

 

Peneliti mungkin tidak memilih seluruh faktor-faktor dan indikator di atas untuk dijadikan sebagai alat ukur penelitian, namun dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa contoh pengembangan instrumen faktor-faktor keputusan pembelian yang disusun dalam sebuah tabel. Tabel ini disusun untuk mempermudah para peneliti dalam mengembangkan suatu instrumen, misalnya angket/kuisioner.

 

Pengembangan Instrumen Faktor-faktor Keputusan Pembelian

 

Dilihat dari Faktor Perilaku Konsumen

Dimensi/Faktor/Variabel Indikator Nomor Item Angket
1. Budaya (X1) Budaya 1
  Subbudaya 2
  Kelas sosial 3
2. Sosial (X2) Kelompok acuan 4
  Peran dan status 5
3. Pribadi (X3) Siklus Hidup 6
  Pekerjaan 7
  Kondisi ekonomi 8
  Gaya hidup 9
  Kepribadian dan konsep diri 10
4. Psikologis (X4) Motivasi 11
  Persepsi 12
  Pengetahuan 13
  Keyakinan dan sikap 14
5. Keputusan Pembelian (Y) Pilihan produk 15
  Pilihan merek 16
  Pilihan pemasok 17
  Penentuan saat pembelian 18
  Jumlah pembelian 19

 

 

Pengembangan Instrumen Faktor-faktor Keputusan Pembelian

 

Dilihat dari Faktor Stimulasi Pemasaran

Dimensi/Faktor/Variabel Indikator Nomor Item Angket
1. Produk (X1) Kualitas produk 1
  Merek 2
  Kemasan 3
  Label 4
2. Harga (X2) Kondisi keuangan konsumen 5
  Potongan harga 6
  Harga pesaing 7
3. Promosi (X3) Menghibur 8
  Efektif 9
  Atraktif 10
  Informatif 11
  Profesional 12
4. Distribusi (X4) Ketersediaan produk 13
  Kemudahan mencari penjual 14
5. Keputusan Pembelian (Y) Pilihan produk 15
  Pilihan merek 16
  Pilihan pemasok 17
  Penentuan saat pembelian 18
  Jumlah pembelian 19

 

Peneliti boleh mengadaptasi atau memilih item indikator yang diperlukan, tidak harus seluruh item seperti di atas. Langkah berikutnya adalah merancang suatu angket yang dapat disusun dalam berbagai skala, misalnya Skala Likert, Skala Gutman, Skala Semantic Differential, Skala Rating, Skala Abogardus, dan bentuk skala lainnya.

 

Bahan Bacaan:

Kotler, Philip; Ang, Swee Hoon; Leong, Siew Meng; Tan, Chin Tion (2000). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia, Buku 1, Yogyakarta : Penerbit Andi.

QuestionPro (2006). Advertising Evaluation Survey, http://www.questionpro.com, Diakses 10 April 2006.

 

 

FAKTOR PRODUK, HARGA, PERILAKU PEMBELIAN

 

Pengukuran produk dapat dilihat dari karakteristik produk (Saladin, 2000, hal. 85-114) , antara lain: kualitas, kuantitas, merek, label, bentuk, mode, jaminan, pelayanan, pembungkus, dan pengembalian.

 

Produk-produk makanan seperti mie instant, dan produk fast food lainnya dapat diukur dengan indikator di atas, dengan mengadaptasi beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai ukuran, seperti contoh berikut ini:

1.      Kualitas: sesuai dengan selera, variasi rasa

2.      Merek: merek terkenal, khas, mudah diingat, menarik

3.      Kemasan: menarik, terjamin, simple/sederhana

4.      Label: teknis penggunaan di kemasan, masa kadaluarsa, kandungan bahan

 

Pengukuran harga dapat dilihat dari indikasi berikut ini:

1.      Kondisi keuangan konsumen

2.      Harga pesaing

3.      Potongan harga

 

Untuk perilaku pembelian peneliti dapat dinilai dengan ukuran keputusan pembelian yang dirujuk dari Model Perilaku Konsumen (Kotler et.al., 2000, hal. 221-265), antara lain:

1.      Pilihan produk

2.      Pilihan merek

3.      Pilihan pemasok

4.      Penentuan saat pembelian

5.      Jumlah pembelian.

.

Tabel berikut ini memperlihatkan pengembangan instrumen untuk pengukuran dampak produk dan harga terhadap perilaku pembelian yang diadaptasi dari indikator-indikator di atas.

 

Pengembangan Instrumen Produk, Harga, dan Perilaku Pembelian

Variabel Indikator Nomor Item Angket
1. Produk  (X1) Kualitas 1,2
  Merek 3,4
  Kemasan 5,6
  Label 7,8
2. Harga (X2) Keuangan konsumen 9,10
  Harga produk pesaing 11,12
3. Perilaku Pembelian (X2) Pilihan produk 13
  Pilihan penjual 14
  Penentuan saat pembelian 15
  Jumlah pembelian 16

 

Langkah berikutnya adalah merancang suatu angket yang dapat disusun dalam berbagai skala, misalnya Skala Likert, Skala Gutman, Skala Semantic Differential, Skala Rating, Skala Abogardus, dan bentuk skala lainnya.

 

Bahan Bacaan:

Kotler, Philip; Ang, Swee Hoon; Leong, Siew Meng; Tan, Chin Tion (2000). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia, Buku 1, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Saladin, Djaslim (2000), Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Jakarta : Penerbit Linda Karya.

 

Sumber http://www.azuar.tripod.com/perilakukonsumen.htm

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s