Consumer Behavior Sessi 2

Pengaruh Lingkungan berdasarkan Budaya

 

Pengaruh Lingkungan

–          budaya

–          kelas sosial

–          pengaruh pribadi

–          keluarga

–          situasi

 

Budaya

Apa budaya itu ?

Budaya adalah komplek nilai, gagasan, sikap dan symbol lain yang bermakna melani manusia untuk berkomunikasi, membuat tafsiran dan mengevaluasi sebagai anggota masyarakat.

 

Elemen Abstrak

–          nilai

–          sikap

–          gagasan

–          tipe kepribadian

–          gagasan ringkasan (co. agama)

 

Elemen Material

–          buku

–          komputer

–          peralatan

–          gedung

–          produk spesifik (co. jeans Levi’s 501)

 

Unsur-unsur budaya

–          nilai (value)

–          norma (norms)

–          kebiasaan (costums)

–          larangan (mores)

–          konvensi (conventions)

–          mitos

–          symbol (symbols)

 

Konsumen Mendapatkan Nilai Mereka

–          budaya dipelajari

–          budaya ditanamkan

–          budaya mengganjar respons yang memuaskan secara sosial

–          budaya bersifat adaptif

 

Sikap & Perilaku Yang Dipengaruhi Budaya

–          kesadaran diri dan ruang

–          komunikasi dan bahasa

–          pakaian dan penampilan

–          makanan dan kebiasaan makan

–          waktu dan kesadaran akan waktu

–          hubungan keluarga, organisasi, dan lembaga pemerintah

–          nilai dan norma

–          kepercayaan dan sikap

–          proses mental dan belajar

–          kebiasaan kerja

 

 

Budaya Populer

Masyarakat modern yang hidup dihampir semua Negara memiliki kesamaan budaya,yaitu budaya populer.

Budaya populer dinikmati bersama oleh semua masyarakat yang melewati batas Negara, bangsa, ras dan perbedaan lainnya.

 

Mowen and Minor (1998) mengartikan budaya populer sebagai budaya masyarakat banyak

 

Budaya populer :

–          mudah dipahami oleh sebagian besar anggota masyarakat, dan tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk memahaminya

–          bisa dinikmati oleh sebagian masyarakat suatu bangsa

–          bisa diperoleh dan dibeli dengan mudah

–          akan mempengaruhi perilaku konsumen

 

Jenis Budaya Populer

–          iklan

–          televisi

–          musik

–          radio

–          pakaian & asesoris

–          games

–          film

–          computer

 

Kelas & Status Sosial

Engel et. al( 1994)

Pengelompokan yang sama dalam perilaku mereka berdasarkan posisi ekonomi merekan di dalam pasar

 

U. sumarwan(2000)

Pembagian masyarakat kedalam kelas-kelas berbeda atau sirata yang berbeda

 

Kelas Sosial

–          mengelompokan keluarga atau rumah tangga, bukan konsumen sebagai individu

–          akan mempengaruhi apa yang akan dibeli dan dikonsumsi oleh konsumen atau sebuah keluarga

–          mempengaruhi jenis produk, jenis merk dan jasa yang dikonsumsi konsumen

–          mempengaruhi pemilihan toko, tempat pendidikan, dan tempat berlibur bagi seorang konsumen

 

Perbedaan Kelas Sosial

–          akan menggambarkan perbedaan pendidikan, pendapatan, pemilikan harta, gaya hidup, nilai-nilai yang dianut

 

Kelas Sosial = Status sosial

–          riset mengenai kelas sosial disebut sebagai social stratification studies

 

Penentu Kelas Sosial (Engel et. al( 1994 ))

 

Pekerjaan

Sangat mempengaruhi gaya hidup dan satu-satunya basis terpenting untuk menyampaikan prestise, kehormatan dan respect

 

Prestasi Pribadi

Individu yang berhasil / bereputasi baik cenderung akan di ceritakan orang. Hal ini akan menempatkan di posisi masyarakat

 

Interaksi

Orang merasa paling senang bila berada bersama orang dengan nilai dan perilaku yang sama. Interaksi biasanya terbatas pada kelas sosial langsung seseorang

Pemilikan

Keputusan akan pemilikan sesuatu dapat menentukan kelas sosial seseorang; dilihat dari jumlah pemilikan dan sifat pilihan

Orientasi Nilai

Nilai (yaitu kepercayaan bersama mengenai bagaimana orang harus berperilaku) menunjukan kelas sosial dimananpun ia berada

Kesadaran Kelas

Individu yang relative sadar akan perbedaan kelas lebih mungkin berasal dari kelas yang lebih tinggi

 

Penentu Kelas Sosial (Ujang sumarwan ( 2000 ))

 

Variable Ekonomi

–          status pekejaan

–          pendapatan

–          harta benda

 

Variable Interaksi

–          prestige individu

–          asosiasi

–          sosialisasi

 

Variabel Politik

–          kekuasaan

–          kesadaran kelas

–          mobilitas

 

Sumber : http://moebarak.files.wordpress.com/2008/03/perilaku-konsumen-sessi-2.pdf

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s