Consumer Behavior Sessi 8

Proses Psikologis Berdasarkan Pembelajaran


Proses Psikologis

–          Pemrosesan informasi

–          Pembelajaran

–          Perubahan sikap / Perilaku

 

Perilaku Konsumen adalah perilaku yang dipelajari Rasa, Nilai, Kepercayaan, Preferensi dan Kebiasaan yang sangat mempengaruhi perilaku belanja, beli dan konsumsi konsumen adalah hasil dari pembelajaran sebelumnya

 

 

Pembelajaran

Pembelajaran dapat dipandang sebagai proses dimana pengalaman menyebabkan perubahan dalam pengetahuan, sikap dan/atau perilaku

 

4 Jenis Utama Pembelajaran :

a. Pembelajaran Kognitif

b. Pengkondisian Klasik

c. Pengkondisian Operant

d. Pembelajaran Vicarious

 

 

Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran Kognitif berkenaan dengan proses mental yang menentukan retensi informasi. Proses mental ini mencakup bermacam aktivitas yang berkisar dari pembelajaran informasi hingga pemecahan masalah

 

Agar Konsumen mengingat Produk tertentu di saat membutuhkan informasi maka perlu dilakukan :

 

1 Rehearsal (Latihan Ulang)

yaitu : pengulangan informasi dalam hati, atau secara lebih formal, pendauran ulang informasi melalui ingatan jangka pendek. Iklan merupakan salah satu strategi efektif dalam upaya rehearsal.

2 Elaborasi

yaitu : banyaknya penggabungan (integrasi) antara stimulus dengan pengetahuan yang sudah ada. Contoh: Ingat Indra Bekti, ingat Simpati Elaborasi dipengaruhi oleh Motivasi dan Kemampuan

 

 

 

Pengkondisian Klasik

Pengkondisian Klasik berfokus pada pembelajaran melalui asosiasi pemasar sering mengandalkan pengkondisian klasik, khususnya dalam iklan untuk mempengaruhi preferensi konsumen.

 

STUDI KASUS :

Seorang ABG memiliki hobby menonton. Setiap ada film terbaru yang dirilis, dia tidak pernah tertinggal untuk menontonnya. Menonton bagi dia adalah sesuatu yang menyenangkan

 

 

Pengkondisian Operant

Pengkondisian Operant mempertimbangkan bagaimana perilaku dimodifikasi oleh pengukuh dan penghukum. Pengkondisian operant menekankan pentingnya pengukuhan sebagai alat untuk mempengaruhi perilaku konsumen.  Tingkat pengukuhan yang dirasakan konsumen selama konsumsi sangat menentukan perilaku pembelian yang

mendatang

 

STUDI KASUS :

Sewaktu berbelanja di toko makanan, seorang ibu melihat sebuah merek baru serealia dan memutuskan untuk membelinya.

 

 

Pembelajaran Vicarious

Pembelajaran Vicarious (Pencontohan) menyangkut pembelajaran melalui observasi, yang memadukan aspekaspek dari teori pembelajaran kognitif dan perilaku. Pembelajaran Vicarious merujuk pada suatu proses yang berusaha mengubah perilaku dengan meminta individu mengamati tindakan orang lain

 

Sumber : http://moebarak.files.wordpress.com/2008/03/perilaku-konsumen-sessi-8.pdf

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s