ABSTRAK

ABSTRAK

Jgn lupa cantumkan sumber kalo mau copy atau share..

Nurul Hidayah.10208936

ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN BI RATE TERHADAP HARGA SAHAM PT. INDOCEMENT TUNGGAL PERKASA TBK. PERIODE 2006-2010

PI. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2011

Kata Kunci: Inflasi, BI Rate, Harga Saham, PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk

(x + 56 + Lampiran)

Inflasi adalah kenaikan harga-harga secara umum yang terjadi terus menerus yang mampu mempengaruhi keadaan perekonomian negara tersebut. BI Rate adalah suku bunga kebijakan yang mencerminkan sikap kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia. Inflasi dan BI Rate yang terjadi di suatu Negara mampu mempengaruhi keadaan perekonomian Negara tersebut. Saham merupakan bukti ikut serta dalam kepemilikian suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inflasi dan BI Rate terhadap harga saham PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk.

Metode yang digunakan adalah uji penyimpangan asumsi klasik, analisis regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi dan BI Rate terhadap harga saham PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk. dan koefisien korelasi untuk menganalisis hubungan inflasi dan BI Rate terhadap harga saham PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk. periode 2006-2010.

Berdasarkan uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil bahwa inflasi dan BI Rate memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap harga saham. Karena nilai F-hitung (34,687) lebih besar daripada F-tabel (3,158843). Secara parsial Inflasi tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham. Karena nilai t-hitung (1,056) lebih kecil daripada t-tabel (2,002465) dan tingkat signifikan (0,295) lebih besar dari 0,05. Sedangkan secara parsial BI Rate memiliki pengaruh terhadap harga saham karena nilai t-hitung (-5,059) lebih kecil dari t-tabel (2,002465) tetapi tingkat signifikan (0,000) lebih kecil dari 0,05. Koefisien korelasi untuk Inflasi sebesar -0,589 menyatakan bahwa inflasi memiliki hubungan kuat dan tidak searah terhadap harga saham yang berarti saat Inflasi mengalami kenaikan, maka harga saham akan mengalami penurunan. Korelasi BI Rate sebesar -0,735 menyatakan bahwa BI Rate memiliki hubungan sangat kuat dan tidak searah terhadap harga saham yang berarti saat BI Rate mengalami kenaikan, maka harga saham akan mengalami penurunan. Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,549 yang artinya inflasi dan BI Rate mempengaruhi harga saham Indocement sebesar 54,9% sedangkan sisanya 45,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s