Sinopsis “The Conjuring”

The Conjuring

The Conjuring

Pas film ini rilis, rame banget pada ngomongin..Nah temen-temen saya yang nonton kebanyakan si pada stress gimana gitu pas selesai nonton ini film hehe *jadi bikin makin gak berani buat nonton*

Tapi ada temen saya yang nonton dia bilang “biasa aja ah..gak serem”..nah gara-gara itu akhirnya ngeberaniin juga nonton..itu juga berdua sama ade..eh ternyata emang gak serem-serem amat cuma ngagetin..jadilah nonton ini film ampe 3x gara-gara ada yang gak ngerti sama ceritanya & pengen bikin sinopsinya😀

Sebelum saya kasih sinopsinya, kita kenalan dulu yuk ama para pemainnya🙂

James Wan

James Wan

Film ini digarap sama James Wan yang emang sutradara spesialis film horor..Yang pernah nonton “Saw” pasti tau😀

nah ini dia ni para pemainnya ^.^

Vera Farmiga as Lorraine Warren

Vera Farmiga as Lorraine Warren

Patrick Wilson as Ed Warren

Patrick Wilson as Ed Warren

Lili Taylor as Carolyn Perron

Lili Taylor as Carolyn Perron

Ron Livingston as Roger Perron

Ron Livingston as Roger Perron

Shanley Caswell as Andrea

Shanley Caswell as Andrea

Hayley McFarland as Nancy

Hayley McFarland as Nancy

Joey King as Christine

Joey King as Christine

Mackenzie Foy as Cindy

Mackenzie Foy as Cindy

Kyla Deaver as April

Kyla Deaver as April

Shannon Kook as Drew

Shannon Kook as Drew

John Brotherton as Brad

John Brotherton as Brad

Sterling Jerins as Judy Warren

Sterling Jerins as Judy Warren

Film ini diangkat dari kisah nyata..Awal cerita dimulai pada tahun 1960 ada sepasang suami istri yaitu Ed Warren & Lorraine Warren yang bekerja sebagai demologis (kalau di sini sebutannya itu pemburu hantu kali ya..sejenis itu lah)

Bermula dengan kasus di sebuah apartment milik Debbie & Camilla yang merupakan seorang perawat..Mereka pernah memanggil paranormal yang kemudian menceritakan ke mereka kalau dulu di apartment itu tinggal seorang anak bernama Annabelle yang meninggal saat berumur 7 tahun..nah ceritanya si Annabelle ini kesepian butuh teman yaitu boneka (bonekanya mirip ama Chucky gitu tapi cewe..bisa ngelakuin hal-hal aneh gak masuk akal)..akhirnya si Debbie & Camilla ngebolehin boneka itu ada di apartment mereka..niatnya si biar gak dapet gangguan tapi ternyata malah makin parah..mereka awalnya naro boneka itu dimana pas mereka pulang di pintu ada kertas dengan tulisan “miss me??” dan di lorong ada boneka itu sambil megang crayon..nah ternyata pas mereka masuk ruangan, di dindingnya udah penuh ama coretan-coretan dengan warna crayon itu..akhirnya Debbie ngebuang boneka sama kertas itu ke tempat sampah..nah pas malamnya tiba-tiba ada suara orang gedor-gedor pintu keras banget tapi pas di buka sama Debbie gak ada siapa-siapa cuma ada kertas bertuliskan “miss me??” yang tadi dia buang..trus muncul suara pintu di gedor lagi dari ruangan dan pas dibuka sama Camilla ada boneka Annabelle di dalam situ..

Itu semua mereka ceritain ke Ed sama Lorraine..Karena menurut mereka boneka itu udah dirasuki setan..tapi menurut Ed sama Lorraine setan itu gak bisa merasuki benda mati..setan hanya bisa merasuki manusia yang saat ini sedang mengincar salah satu dari Debbie & Camilla..

***

Nah yang ini ceritanya tahun 1971..

Suami istri Roger Perron & Carolyn Perron pindah ke Harrisville, Rhode Island bersama ke lima anak perempuan mereka (Andrea, Nancy, Christine, Cindy dan April) juga sama anjing mereka (Sadie)..Rumahnya ini itu tua banget..serem deh..udah gitu kayak terpencil gitu..isinya 1 rumah itu duand..di depan halamannya ada pohon gede banget deket dermaga gitu..

Sebenernya dari awal mereka pindah Sadie udah ngasih tanda-tanda tentang rumah angker itu (namanya juga anjing kan mereka emang bisa ngeliat makhluk beda dunia)..Sadie gak mau masuk rumah..Mereka mulai sibuk sama barang-barang pindahan..nah April lagi main di bawah pohon besar itu, dia nemu kotak musik..trus pas malemnya Nancy, Christine, Cindy main hide & clap (kayak petak umpet tapi yang jaga bisa minta bantuan 3x tepukan dari yang ngumpet)..pas lagi main ini gara-gara Nancy sama Christine jadi ketahuan kalau rumah itu punya ruang bawah tanah..tapi anehnya ruangan itu ditutupin sama papan gitu..nah pas malem Sadie menggonggong trus..

***

Keesokan harinya Carolyn bangun, dia bingung karena di tubuhnya dia muncul memar-memar gitu..trus dia nengokin kamar anak-anaknya..nah Andrea keluar dari kamar mandi..

“semalam ada wangi busuk bangkai gitu di kamarku” kata Andrea

Carolyn menanggapi “apakah sekarang masih bau?”

Andrea bilang “Tidak”

“ok..masalah terpecahkan” kata Carolyn sambil melangkah ke lantai bawah mencari Roger

Saat itu menuruni tangga Carolyn melihat jam di lantai bawah berhenti di angka 03.07..Kemudian dia melihat pintu ruangan menuju ruang bawah tanah terbuka ternyata Roger ada di ruang bawah tanah sedang membereskan barang-barang..

“kalau begitu ayo keluar akan kubuatkan kopi” kata Carolyn sambil melempar bola ke arah Roger

“aku akan segera ke sana dan mencarikan alat penghangat ruangan” jawab Roger

“ya..itu lebih baik..dingin sekali” kata Carolyn sambil meninggalkan ruang bawah tanah

Carolyn sedang membuat kopi di dapur dan melihat ternyata jam di dapur juga mati pada pukul 03.07..kemudian April datang menanyakan dimana Sadie..Carolyn menyuruh April memanggil Sadie yang ada di luar agar menyuruhnya masuk..

Roger datang..Carolyn bilang tentang jam yang mati di rumah itu..

“ngomong-ngomong apa yang kau lakukan padaku semalam?? Carolyn bertanya sambil memperlihatkan memar di kakinya

“bukan aku yang melakukannya” jawab Roger

Saat itu April di luar mencari Sadie sambil memanggil namanya..Dan kemudian dia berteriak yang membuat Carolyn dan Roger langsung keluar menghampiri April..Ternyata Sadie sudah terkapar mati di samping rumah..

###

Boneka Annabelle

Boneka Annabelle

Di rumah keluarga Warren, Ed sedang memperlihatkan museum di rumahnya (isinya barang-barang perantara setan dari kasus-kasus yang dia tanganin) ke seorang wartawan..nah boneka Annabelle disimpan di sini juga..anehnya boneka Annabelle ini dapet perlakuan istimewa beda sama yang lain..boneka ini ditaro di dalam kotak kaca gitu trus digembok pula..Semua barang-barang di sini gak boleh disentuh..Nah pas lagi menceritakan ke wartawan itu anaknya Ed yaitu Judy masuk ke ruangan itu..Langsung aja Ed menyuruhnya keluar dan mengingatkan dia agar jangan pernah masuk ke ruangan itu lagi..

***

Malam hari di kediaman keluarga Perron..

Christine tidur sekamar dengan Nancy..Saat sedang tidur itu Christine merasa ada yang menarik kakinya..Dia berpikir itu Nancy dan mengatakan itu tidak lucu..Tapi Nancy bilang itu bukan dia..Dan kemudian mereka mencium suara busuk seperti kentut..Christine pikir itu Nancy dan Nancy pikir itu Christine (mereka ngomong kayak gitu masih sambil merem..pules-pules ayam lah😀 )..

Roger tertidur di ruang kerja..Kemudian dia terbangun karena mendengar suara ketukan..suara itu berbunyi 3x..Roger akhirnya mencari asal suara itu..Saat di lorong depan pintu menuju ruang bawah tanah, dia mendengar suara ketukan itu lagi dan bunyinya juga 3 ketukan dan diikuti dengan suara pintu terbuka perlahan..Roger menghampiri ruangan itu namun tidak ada apapun..Kemudian terdengar lagi suara ketukan dari lantai atas..Roger menuju tangga ternyata ada Andrea di tangga (di sini gw kaget..gw pikir kunti..karena Andrea pake baju tidur putih panjang gitu trus rambut di gerai..mirip banget sama cewe yang suka ketawa nyaring itu)..

Andrea memberitahu ayahnya kalau Cindy ada di kamar Andrea sedang tidur berjalan lagi dan membeturkan kepalanya ke lemari pakaian..Akhirnya Roger membawa Cindy kembali ke kamarnya tanpa membangunkannya (soalnya kata Carolyn kalau Cindy lagi tidur berjalan gak boleh dibangunin)..

***

Pagi harinya Roger memberitahu Carolyn tentang kejadian semalam..Dan disitu dia menyadari ada bekas memar baru di tubuh Carolyn..Kemudian Roger berangkat kerja..Saat keluar rumah itu ada buruh yang terbang di sekitar rumah dan tiba-tiba bunyi buk..Burung itu mati menabrak dinding rumah..posisinya itu sama persis waktu Sadie ditemukan terkapar mati..

Tak lama kemudian Andrea, Nancy, Christine dan Cindy berangkat sekolah..Carolyn mengantar sampai pintu rumah..

Di dalam kamar, April sedang berbicara dengan seseorang..Dia bilang dia sangat sedih kehilangan Sadie sahabat terbaiknya..Carolyn melihat itu, dia masuk ke kamar dan bertanya “Kau sedang berbicara dengan siapa April?”

“Rory..Dia teman baruku..Apakah kau ingin melihatnya?” jawab April sambil memberikan kotak musik ke ibunya (kotak musik yang dia temuin di bawah pohon besar itu lho)..

April menjelaskan jika musik berhenti nanti Rory akan muncul di cermin yang ada di kotak musik itu..

Tapi setelah Carolyn melakukannya, dia tidak bisa melihat apapun..hanya April yang ada di belakangnya..Dan dia bilang “mungkin Rory belum mau bertemu denganku?”

Kemudian April mengajak ibunya bermain hide and clap..Awalnya ibunya menolak namun akhirnya mengiyakan juga..

Carolyn yang jaga April yang bersembunyi..Dengan mata tertutup Carolyn minta tepukan pertama..Suaranya terdengar dari luar kamar tapi masih di lantai atas..Kemudian dia meminta tepukan kedua dan suaranya terdengar dari dalam kamar Andrea, Carolynpun masuk ke dalam kamar itu..Saat itu pintu lemari pakaian terbuka dan Carolyn merasa langsung tahu dimana April, lalu dia minta tepukan ketiga dan dari dalam lemari keluar sepasang telapak tangan yang bertepuk 2x..Carolyn langsung menghampiri lemari itu dan mencari-cari di dalam lemari itu namun tidak ada April..Karena merasa aneh dia akhirnya membuka tutup matanya dan mencari-cari di dalam lemari dan tetap tidak ada April..Kemudian April masuk ke kamar itu dan bilang “ibu melepas tutup matanya berarti aku menang..aku bersembunyi di kamar Nancy dan Christine”

Malam harinya Roger mendapat telepon yang mengharuskan dia pergi keluar kota selama 2 minggu..

Christine sedang tidur di kamarnya dan merasa ada yang menarik kakinya..Awalnya dia pikir itu Nancy dan bilang itu tidak lucu..Tapi ternyata ada yang menarik kakinya lagi dan ini lebih keras dari sebelum-sebelumnya..Christine langsung bangun sambil terengah-engah dan melihat Nancy masih tertidur..Lalu dia mencari siapa yang menarik kakinya..Dia melihat ke kolong tempat tidur namun tidak ada siapa-siapa..Lalu dia melihat pintu kamar bergerak sendiri dan memanggil Nancy..Nancy bangun..Christine bilang dia melihat seseorang di balik pintu..Nancy tidak melihat apapun lalu berjalan ke arah pintu dan meyakinkan Christine bahwa tidak ada siapa-siapa di situ..Tapi Christine malah bilang kalau itu sekarang tepat berada di belakang Nancy..Dan kemudian pintu kamar tertutup sendiri dengan keras..Christine langsung berteriak histeris dan membangunkan semua orang di rumah itu..

Saat mereka masuk ke kamar itu, Christine langsung menceritakan bahwa dia melihat seseorang di balik pintu..Tapi tidak ada satupun yang melihat seseorang di balik pintu..Lalu Christine bilang dia bahkan berbicara dengannya..Seseorang itu bilang bahwa dia ingin semua keluarga Christine mati..

***

Di kediaman keluarga Warren, Ed pergi dengan Lorraine ke rumah seseorang yang mengira bahwa rumahnya terdapat hantu..Namun setelah diselidiki ternyata itu hanya suara dari pipa air dan papan kayu..

***

Di kediaman keluarga Perron, luka memar yang di alami Carolyn makin banyak..Saat itu dia sedang membereskan pakaian di kamarnya lalu mendengar suara tepukan..Dia pikir anak-anak belum pada tidur..Lalu dia keluar kamar mengecek ke kamar anaknya satu-satu tapi ternyata mereka sudah tidur semua..

Lalu terdengar suara barang pecah dan suara ketawa..ternyata bingkai foto yang ada disepanjang tangga jatuh semua..Carolyn yang ketakutan kemudian turun ke lantai bawah dan memeriksa di setiap ruangan dan berteriak “siapa itu?”

Kemudian pintu menuju ruang bawah tanah terbuka sendiri..Carolyn sambil ketakutan mencoba memasuki ruangan itu..dia memeriksa hanya dari atas tangga yang menuju ke ruang bawah tanah..Dia berkata “siapapun kau, akan ku kunci pintunya” kemudian dia menuju pintu namun pintu itu langsung tertutup membuat Carolyn menambrak dan terpental hingga ke ruang bawah tanah..

Kemudian bola yang waktu dilempar Carolyn keluar dari lemari menggelinding dihadapan Carolyn..Carolyn yang ketakutan langsung berlari ke tangga sambil berteriak minta tolong (saat itu terdengar suara ketawa anak kecil)..Kemudian lampu di ruang bawah tanah mati..Carolyn menemukan korek di tangga dan menyalakannya sambil melihat sekeliling tapi tidak ada siapapun..Kemudian dari atas tangga ada suara yang bilang “hei, wanna play hide and clap??” diikuti dengan munculnya sepasang telapak tangan yang bertepuk 2x..langsung saja Carolyn berteriak histeris..

Bathsheba

Bathsheba

Di kamar Andrea, Cindy kembali tidur berjalan dan membenturkan kepalanya ke lemari pakaian….Andrea terbangun lalu membawa Cindy tidur di tempat tidurnya..Saat itu terdengar suara ketukan dari pintu lemari..Andreapun menghampiri lemari itu dan berdiri di depannya..Kemudian Cindy terbangun dengan mimik tampang orang ketakutan..Ternyata di atas lemari muncul sesosok makhluk menyeramkan (Bathsheba) yang lalu langsung menerkam Andrea yang berdiri di depan lemari (pas adegan ini saya kaget banget tapi gak sampai teriak)..

Tidak lama kemudian Roger pulang dan langsung berlari masuk ke rumah saat mendengar teriakan..Dia langsung membuka pintu ruang bawah tanah dan menemukan Carolyn di situ..Kemudian terdengar suara teriakan dari lantai atas, Roger dan Carolyn langsung ke atas menuju kamar Andrea..Di kamar Andrea, Andrea terpuruk di lantai seperti orang sedang berkelahi tapi sendirian..Roger sangat bingung dengan kejadian tersebut..

***

Ed dan Lorraine sedang mengadakan seminar tentang hasil pekerjaan mereka..Carolyn juga ada di sana sebagai peserta..

Setelah selesai Carolyn yang diantar Drew datang menemui Ed dan Lorraine..Carolyn menceritakan kejadian aneh di rumahnya dan meminta bantuin Ed dan Lorraine..Karena sudah menjelang malam, Ed meminta Carolyn untuk pulang tapi Carolyn mendesak Ed dan Lorraine untuk membantunya saat itu juga..Akhirnya karena tidak tega Lorraine mengiyakan untuk membantu Carolyn hari itu juga..

Ed dan Lorraine sampai di Harrisville, Rhode Island..Mereka langsung disambut oleh Carolyn dan Roger..Saat baru pertama kali tiba di rumah itu Lorraine sudah merasakan sesuatu yang tidak mengenakkan..Kemudian mereka beralih ke ruang tamu dan memperkenalkan anak-anak mereka (keluarga Perron memutuskan tidur bersama di ruang tamu)..Saat melihat anak-anak Carolyn, Lorraine juga memperlihatkan ekspresi aneh di wajahnya..Suhu ruangan di rumah itu selalu dingin banget padahal alat pemanasnya berfungsi dan selalu dinaikkan suhu pemanasnya tapi tetap dingin..

Carolyn menceritakan bahwa setiap malam ada bau busuk seperti bangkai..Roger kemudian bilang bahwa setiap malam suka terdengar suara ketukan yang berbunyi 3x..Ed bertanya “Dimulai setiap jam 3 dan berhenti saat subuh?” Roger menjawab “iya”

“itu merupakan penghinaan terhadap tritunggal Tuhan..Bapak, Putra dan Roh Kudus” kata Ed

Mereka menuju lantai atas..Roger dan Carolyn menceritakan mengenai burung yang mati menabrak dinding rumah, jam yang selalu berhenti di angka 03.07, bingkai foto yang ada disepanjang tangga jatuh semua dan lemari pakaian di kamar Andrea serta tentang ruang bawah tanah..

Mereka akhirnya menuju ruang bawah tanah..Di sana Lorraine merasakan banyak hal yang terjadi di ruangan itu (Lorraine ini punya indra keenam)..

***

Ed, Carolyn dan Roger berada di ruang makan..Ed melihat bekas memar di tubuh Carolyn..

“Apakah itu ada hubungannya dengan kejadian-kejadian ini?” tanya Ed

“Tidak, ini karena aku kekerungan zat besi” jawab Carolyn

“Kenapa kalian tidak pindah saja setelah semua kejadian ini?” tanya Ed

“Kami menginvestasikan semua uang kami di rumah ini” jawab Roger

Lalu Ed memulai merekam perbincangan mereka..

“Namaku Ed Warren, 1 November 1971 aku duduk bersama Carolyn Perron yang mengalami kejadian supranatural dengan keluarganya..Ok silahkan” sambil mengarahkan mic ke Carolyn

“Mulai dari mana?” tanya Carolyn

“Dari kejadian pertama” jawab Ed

***

Di ruang tamu Lorraine sedang berbicara dengan April..Lorraine bertanya “kata ibumu kau mempunyai seorang teman?” dan April menceritakan tentang Rory, dia bilang Rory kesepian karena sepertinya pernah terjadi sesuatu yang buruk di rumah itu..Lalu Lorraine meminta kotak musik yang ada di tangan April agar dia bisa bertemu dengan Rory..Dan saat musik berhenti Lorraine melihat dari cermin di kotak musik sesosok anak di belakangnya dekat dengan jendela..Saat dia melihat ke belakang sosok anak itu menghilang..

Lorraine kemudian keluar rumah menuju pekarangan yang terdapat pohon besar..Tidak lama Ed juga keluar rumah dan menghampiri Lorraine..Saat itu Lorraine menyadari ada sesuatu di belakang Ed dan saat dia melihat ke atas Ed ada Sosok tergantung di sana di atas pohon besar..

Mereka kembali ke ruang makan, di sana ada Carolyn dan Roger..Roger menceritakan bahwa dia membeli rumah itu dari pelelangan di Bank dan tidak mengetahui pemilik awal rumah itu siapa..

Ed memberitahukan bahwa rumah itu perlu pemurnian yaitu pengusiran setan..Carolyn mengajak Roger untuk segera pindah dari rumah itu..Tapi Ed bilang itu tidak mungkin bisa..Lalu Lorraine menceritakan semua yang dia lihat dari pertama kali masuk ke rumah itu..Sosok bayangan hitam yang ada di belakang Carolyn saat dia menyambut Ed dan Lorraine di pintu masuk, sosok bayangan hitam juga di lihat Lorraine di belakang Cindy..Kemanapun mereka pergi sosok itu bakal terus mengikuti jadi parasit di hidup mereka..Lorraine bilang rumah itu penuh dengan roh-roh halus yang penuh dengan kebencian..

***

Di rumah keluarga Warren..

Judy memberikan kalung berisi foto dirinya kepada ibunya sedangkan dia menyimpan kalung berisi foto ibu dan ayahnya..

Di ruang kerja, Ed memberitahukan hal aneh kepada Lorraine tentang hasil rekaman di rumah Carolyn..Suara Carolyn tidak terekam sama sekali..Hanya suara Ed yang ada disitu..Dan saat mendengar rekaman itu Lorraine merasakan sesuatu mengerikan yang orang lain gak akan mau mengalaminya..

Lorraine menunjukkan hasil penelitian tentang rumah itu..

“Lahan itu dibangun pada tahun 1863 oleh Jedson Sherman yang menikah dengan wanita bernama Bathsheba..Ini terkait dengan Mary Town Esty..Bathsheba dituduh melakukan praktek sihir dan menggantung dirinya..Setelah menikah dengan Bathsheba, mereka dikaruniai seorang bayi dan saat bayi itu berumur 7 hari Jedson mengorbankannya dengan membakarnya (Jedson seorang pemuja setan)..Bathsheba pergi ke pohon dekat dermaga (pohon besar yang di pekarangan rumah) menaikinya dan bersumpah kepada setan mengutuk siapa saja yang mengambil lahannya dan setelah itu dia gantung diri..Dia dinyatakan meninggal pada pukul 03.07 pagi” jelas Lorraine

“Nama belakangnya Walker, dia tinggal disana, dia mempunyai anak bernama Rory yang menghilang di hutan dan setelah itu ibunya bunuh diri di ruang bawah tanah..Dan bukan itu saja” jelas Lorraine sambil menunjukkan foto Walker dan Rory

“Lahan itu awalnya terdiri dari 200 hektar tapi dibagi dan dijual..Seorang bocah yang tinggal di sini mati tenggelam di danau dekat rumah dan pembantu yang tinggal di situ juga mati bunuh diri” Jelas Lorraine sambil memperlihatkan peta rumah tersebut

“Orang yang mengambil lahan” komentar Ed

Saat itu rekaman perbincangan Ed dan Carolyn tiba-tiba menyala sendiri dengan suara Carolyn yang tetap tidak terekam..Dan ternyata jam di ruangan itu berhenti di pukul 03.07..

***

Keesokan harinya Ed, Lorraine, Drew dan Brad menuju rumah keluarga Perron..Mereka sudah siap dengan perlengkapan untuk mengumpulkan bukti-bukti..Kamera dipasang di setiap sudut ruangan (kalo sekarang namanya CCTv, cuma bedanya kamera yang ini cuma bisa foto doang kalo ada hantu yang lewat, sama bisa ngerekam suara juga karena di taruh mic di situ) bahkan di bawah pohon besar dekat dermaga..Mereka juga memasang lonceng-lonceng kecil di gagang pintu (jadi kalau ada yang buka pintu ketahuan)..

Lorraine melihat foto keluarga Perron yang dipegang Carolyn dan membaca pikirannya..

“Mereka sangat berharga bagiku..Aku sedang berjalan di sepanjang pantai..Nancy menyoroti keindahan pantai..Aku pikir ini sesuatu yang indah untuk di foto..Kami akan memulai dari awal..Rumah baru, awal yang baru..Kau seharusnya melihat bagaimana Roger dan anak-anak itu tertawa..Mereka berarti segalanya bagiku” Cerita Carolyn

Di ruang kerja, Drew sedang memperlihatkan cara kerja alat sinar ultraviolet (alat yang bisa melihat jejak yang gak bisa dilihat kasat mata dalam kondisi gelap) ke Andrea (dari raut-raut mukanya mereka kayak suka gitu satu sama lain :D)..Kemudian Ed muncul menanyakan apakah semua alat sudah terpasang?? (Andrea langsung keluar ruangan)..Tidak lama lonceng di pintu kamar mandi berbunyi, semua orang langsung tertuju ke pintu..Pintupun terbuka dan kemudian muncul Brad yang baru selesai buang air..

Kemudian Ed dan Drew mengecek kualitas suara rekaman yang mereka pasang di rumah itu..Ed juga menyiramkan air suci di sekeliling rumah itu dan memasang tanda salib ditiap-tiap sudut ruangan..

Lalu terdengar suara lonceng yang berasal dari pintu menuju ruang bawah tanah..Ed, Lorraine dan Brad dengan kameranya menuju ruang bawah, mereka mencoba berkomunikasi dengan sesuatu di dalam sana tapi mereka tidak mendapatkan jawaban apapun..Lorraine seperti merasakan sesuatu yang sangat kuat yang membuat dia tidak sanggup berdiri tegak..Akhirnya mereka kembali ke atas (yang sudah menunggu Carolyn, Roger dan Drew) dan saat itu tiba-tiba pintu menuju ruang bawah tanah tertutup sendiri dengan keras..

Drew dan Brad sedang di ruangan monitor dan memperhatikan jam yang bergerak di pukul 03.07 menuju pukul 03.08 (jam itu gak berhenti di pukul 03.07 pagi seperti yang lain)..

***

Keesokan paginya, mereka berkumpul di ruang makan..Roger sedang membuat pancake..Suasananya sangat ramai sekali..Ed menyarankan Carolyn untuk istirahat karena dia terlihat sangat lelah dan Ed agar berjaga dengan Lorraine..Carolyn mengiyakan dan pergi ke kamar tidur..

Lorraine sedang mengangkat jemuran ditemani Ed..

“Ini tempat yang bagus dan negara yang aman” kata Ed sambil memeluk Lorraine dari belakang

“Mereka adalah keluarga yang indah bukan?” tanya Lorraine

“Ya, yang kecil April berkata sudahkah kau membuat pancake?” kata Ed

“Ya, kita harus membantu mereka” kata Lorraine sambil berbalik dan memeluk suaminya

“Aku tahu, akan ku mulai dengan mobil chevinya” jawab Ed

Dan mereka berciuman (ehem ahahaha *bentaran doang)

Ed meninggalkan Lorraine yang masih mengangkat jemuran..Tidak lama langit berubah menjadi gelap dengan tiupan angin yang sangat besar..Dan salah satu jemuran yang ingin diangkat Lorraine terbang hingga ke jendela kamar tidur Carolyn..Saat itu Lorraine melihat bayangan putih di kamar Carolyn..Langsung saja dia menuju kamar Carolyn..

Di kamar, Carolyn sedang asik tertidur tiba-tiba menjerit kesakitan dan muncul Bathsheba di atas badan Carolyn yang menumpahkan darah dari mulutnya ke mulut Carolyn (di sini sumpah jijik banget)..

Lorraine tiba di kamar Carolyn, tapi pintunya terkunci..Lorraine menyuruh Carolyn membuka pintu (terdengar suara Carolyn berteriak dan batuk serta muntah)..Tidak lama Carolyn keluar dari kamarnya dengan tampang pucat aneh seperti orang kecapekan..

Lorraine bertanya “apakah kau tidak apa-apa?”

“aku baik-baik saja” jawab Carolyn..

“apa kau sakit?” tanya Lorraine

Carolyn bilang “hanya pusing saat aku bangun tadi”

“Aku pikir kau melihat” kata Lorraine

“Aku merasakan tekanan di hidung” kata Carolyn yang langsung meninggalkan kamarnya

***

Malam harinya Brad ke dapur mengambil air lalu dia mendengar lonceng di teras belakang berbunyi dan kursi goyang yang ada di teras itu bergerak sendiri..Brad yang penasaran akhirnya keluar dan mencari-cari jika ada seseorang di sana tapi ternyata nihil..Lalu dia masuk lagi ke dalam dan mengunci pintu..

Saat itu di melihat ke ruang cuci ada seseorang dengan pakaian pelayan di sana..Pelayan itu menunjukkan kedua tangannya yang terluka dan berkata “teganya kau membuat aku melakukan ini”

Kemudian pelayan itu berjalan ke arah kiri di ruang cuci..Brad memanggilnya sambil mengikuti dan tiba-tiba dari arah kanan di ruang cuci muncul si pelayan itu sambil menyerang Brad dan berteriak “Teganya kau membiarkanku melakukannya”

Brad langsung berteriak memanggil Ed..Ed, Lorraine dan Drew langsung menuju tempat Ed berteriak..Brad menceritakan tentang kejadian yang dia alami..Lalu kamera yang berada di lorong menangkap sesuatu..Mereka menuju kamera itu dan ternyata Cindy sedang berjalan sambil tidur lagi..Setiap Cindy melewati kamera, kamera langsung menangkap sesuatu..Itu artinya ada sesuatu yang bersama Cindy..Drew langsung mendengarkan rekaman dan memberitahu Lorraine..Ternyata memang ada suara anak kecil bersama Cindy yang menyuruh Cindy untuk mengikutinya..

Cindy menuju kamar Andrea..Dan saat Cindy memasuki kamar, langsung saja pintu kamar itu tertutup sendiri dengan keras..Roger, Ed dan Brad segera menuju kamar itu tapi pintunya tidak mau terbuka..Saat pintu itu terbuka di dalam kamar itu tidak ada siapa-siapa..Roger mencari Cindy di bawah tempat tidur tapi tetap tidak ada..Ed memeriksa jendela tapi ternyata terkunci..

Akhirnya Ed meminta Brad membawakan alat sinar ultraviolet di Drew..Langsung saja Brad meminta pada Drew dan memberikan itu ke Ed..Ed menyuruh mematikan lampu di kamar itu lalu dia menyinari alat itu dari pintu kamar dan terlihat jejak kaki..Jejak kaki itu menuju ke lemari pakaian di kamar Andrea..Ed langsung membuka lemari itu dan membuka papan bagian belakang lemari yang ternyata terdapat ruangan kecil yang lebarnya hanya untuk 1 orang..Di sana dia menemukan Cindy yang sedang tertidur di pojokan..Langsung saja mereka membawa Cindy keluar dari kamar itu..Saat itu April bilang ke Lorraine kalau itu tempat persembunyian Rory saat dia ketakukan..

Karena mendengar ucapan Cindy itu, Lorraine langsung masuk ke ruangan sempit itu hanya dengan membawa senter..Di situ dia menemukan lemari pajangan dari kayu yang isinya mainan-mainan yang penuh debu..Di situ ada 1 tempat kosong yang berbekas mainan segi enam ditaruh di sana..Lorraine lalu meminta Ed mengambilkan kotak musik April..Ed lalu memberikannya ke Lorraine..Lorraine menaruh kotak mainan itu di situ dan pas sekali dengan bekas yang ada..Lalu dia melihat di bawah lemari mainan ada sebuah tali dan dia menariknya..ternyata itu tali bersimpul di ujungnya yang biasa digunakan untuk gantung diri..Lorraine lalu berdiri tapi ternyata kakinya tersangkut di papan dan dia terjatuh ke dalam ruang bawah tanah..Ed yang melihat itu langsung berlari keluar kamar dan mencari Lorraine dengan mengetuk-ngetuk dinding dan memanggil nama Lorraine di setiap ruangan..

Di ruang bawah tanah, Lorraine mencoba bangun dan mengambil senter..Dia melihat sekeliling ruangan..Saat itu dia mendengar sebuah suara seperti orang menangis..Lalu dia mengambil kotak musik yang ikut jatuh bersamanya dan memainkannya sambil melihat ke cermin..Saat itu di cermin dia melihat ada seseorang ibu berbadan besar yang sedang memangku seorang anak sambil menangis..Ibu itu akhirnya melihat ke arah Lorraine..Lalu dia melihat ke belakang namun tidak ada siapa-siapa..Saat dia berbalik melihat ke kotak musik tiba-tiba muncul ibu berbadan besar itu (pas adegan ini saya kaget sampai teriak..bener-bener ngagetin)..Ibu itu bilang “dia yang membuat aku melakukan ini”..Lalu terdengar seperti suara “krak” dari kayu..Ibu itu melihat ke asal suara itu, begitu juga dengan Lorraine..Lalu Ibu itu menghilang..

Lorraine melihat sekeliling dan saat dia hendak keluar dari tempat itu ada kaki yang keluar menggantung di atasnya dan berputar menghadap ke Lorraine (menurut saya sosok yang ini Bathsheba)..Lorraine lalu melarikan diri tapi ada sesuatu yang menariknya..Untungnya dia memakai kalung pemberian dari Judy, jadi hanya kalungnya saja yang tertarik dan tertinggal di ruang bawah tanah itu..

Lorraine berhasil keluar dari ruang bawah tanah dan langsung memberitahukan ke Ed apa yang dia ketahui..

“Dia merasuki ibu itu untuk membunuh anaknya..Dia datang disetiap malam..Itu mengapa ada memar..Dia jadi parasit di tubuh Carolyn” kata Lorraine

Saat itu mereka ada di ruang keluarga dengan semua orang di sana..Saat Lorraine selesai berbicara tiba-tiba tanda salib yang ditaruh Ed di sudut-sudut ruangan mulai berjatuhan..Dan Rambut Nancy mulai bangun sendiri dan dia mulai terpental ke sana-sini seperti ada yang menariknya..Tidak ada yang bisa menahan tubuh Nancy..Akhirnya Lorraine mengambil gunting dan memotong rambut Nancy..Drew sudah merekam semua kejadian itu..

Akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dari rumah itu..Ed sudah mengirimkan hasil penyelidikan mereka ke pastor Gordon dan berharap Roger akan mendapatkan jawaban secepatnya..

Saat itu Lorraine duduk sendirian di mobil dan dia mendengar suara Judy memanggilnya “Mom”..Lalu dia berjalan ke arah suara yang berasal dari dermaga..Di situ dia melihat tubuh Judy mengambang di dermaga..Lorraine meraih tubuh itu tapi ternyata yang ada di sana hanya air..

Dia lalu menuju rumah  diikuti oleh Ed yang kebingungan..Lorraine menelepon ke rumah orang tuanya dan menanyakan bagaimana keadaan Judy dan meminta agar ibunya memeriksa keadaan Judy..Ibunya bertanya ada apa tapi Lorraine hanya meminta ibunya segera memeriksa Judy..Ibunya menjawab Judy baik-baik saja dan betapa leganya Lorraine mendengar hal itu dan menutup teleponnya..Lorraine lalu memberitahu Ed bahwa dia melihat Judy di dalam air dan itu pasti adalah sebuah peringatan..

***

Di gereja, Ed dan Lorraine sedang menemui pastor Gordon dan menceritakan semua hal yang terjadi di rumah keluarga Perron..Pastor Gordon tidak percaya dengan semua yang dia dengar dan lihat dari rekaman..Pemurnian sangat sulit dilakukan karena anak-anak keluarga Perron tidak dibaptis dan keluarga itu bukanlah jamaat gereja (Keluarga Perron bukan keluarga yang taat ibadah)..Persetujuan harus datang langsung dari Vatikan..

Ed memberitahukan bahwa waktunya tidak banyak..Akhirnya pastor Gordon bilang akan melakukan yang terbaik..

***

Di rumah keluarga Warren, hujan sedang turun disertai dengan petir yang menggelegar..Judy sedang tertidur di kamarnya..Kalung yang berisikan foto ayah dan ibunya digantung di bawah lampu tidur di meja..Lalu kalung itu berputar sendiri dari pelan hingga kencang sekali..Hal ini juga terjadi pada kalung yang berisi foto Judy yang tersangkut di ruang bawah tanah di rumah keluarga Perron..

Tiba-tiba ada yang menarik kaki Judy dan ia pun terbangun..Dia melihat sekeliling kamarnya namun tidak ada siapa-siapa..Di kamar depan ada Georgiana yang sedang tertidur..Lalu dia memanggil ayah dan ibunya yang dia pikir sudah pulang dari gereja..Lalu dia mencari ayah dan ibunya di kamar tapi mereka tidak ada, Judy menyalakan lampu di tangga dan melanjutkan mencari di museum ayahnya di lantai bawah karena pintu ruangan itu terbuka namun ayahnya tidak ada..Ternyata boneka Annabelle sudah tidak ada di kotaknya (Judy tidak menyadari hal ini)..Judy lalu berniat menuju lantai atas tiba-tiba lampu di atas mati..Judy mengira itu Georgiana dan memanggilnya..

Boneka Annabelle & Bathsheba

Boneka Annabelle & Bathsheba

Ruangan semakin bertambah gelap..Judy yang ketakutan berlari menuju ruang kerja ayahnya lalu dia menutup pintu..Di sana terdapat kursi goyang..Saat Judy berbalik melihat ke kursi itu, di sana sudah ada boneka Annabelle yang di pangku Bathsheba yang sedang menyisiri rambut Annabelle..

Boneka Annabelle menggerakkan kepalanya melihat Judy..Saat itu juga Judy berteriak minta tolong dari berusaha membuka pintu ruangan namun terkunci tidak bisa dibuka..Georgiana bangun dan menghampiri Judy namun tetap tidak bisa membuka pintu itu..

Di mobil dalam perjalanan pulang Lorraine mendapatkan firasat buruk sedang terjadi di rumah dan meminta Ed agar mengemudi lebih cepat..

Mereka akhirnya sampai di rumah dan langsung berusaha menolong Judy..Ed akhirnya berhasil membuka pintu itu dan tepat sepersekian detik setelah itu kursi goyang meluncur terbang ke arah pintu nyaris mengenai Ed dan Judy..

***

Roger baru pulang kerja dan berada di penginapan, tetapi Andrea Nancy dan Cindy langsung memberitahunya bahwa ibu mereka membawa Christine dan April pergi..

Roger langsung menelepon Ed memberitahukan hal itu..Lorraine bilang bahwa Carolyn kemungkinan berada di Harrisville, Rhode Island untuk membunuh Christine dan April karena dia sudah dirasuki..Ed bilang akan segera menyusul ke sana..

Akhirnya Roger langsung menuju ke sana meninggalkan ketiga anaknya di penginapan dan berpesan agar mereka tetap di situ dan tetap dekat dengan telepon..

Ed juga menuju ke sana..Awalnya Ed berniat pergi sendiri tanpa Lorraine, namun Lorraine berusaha keras meminta ikut..Akhirnya Ed mengizinkan..

Ed, Lorraine,Roger, Drew dan Brad tiba di rumah itu..Brad membuka paksa pintu rumah dengan tembakan..Mereka langsung mencari ke tiga orang itu dan menemukan Carolyn sedang berusaha ingin membunuh Christine di ruang bawah tanah..Mereka mencoba menghentikan Carolyn..Ed sadar April tidak ada di sana dan menyuruh Drew mencarinya..

Christine di bawa oleh Drew ke luar rumah..Carolyn masih kerasukan dibawa paksa oleh Ed dan Roger keluar rumah..Namun saat di pintu rumah Carolyn seperti ditahan agar tidak meninggalkan rumah dan di tubuhnya muncul luka-luka memar yang membusuk..Lorraine bilang bahwa Carolyn tidak bisa meninggalkan rumah itu, jika mereka mengeluarkannya maka penyihir itu (Bathsheba) akan membunuh Carolyn..

Tiba-tiba saja tubuh Carolyn terpental kebelakang dan kembali ke ruang bawah tanah..Carolyn meminta tolong..

Drew meminta Christine untuk tetap di mobil dan berjanji akan kembali secepatnya setelah menemukan April..

Carolyn yang kerasukan terpental ke sana sini di ruang bawah tanah..Ed dan Roger memeganginya namun Carolyn menghempaskan pegangan Roger dan malah mencoba mencekik Ed..Roger yang mencoba melepaskan Carolyn dari Ed malah terlempar..Brad yang membantu melepaskan Carolyn malah di gigit pipinya oleh Carolyn..

Lorraine mengambil kain putih dan menutupi Carolyn dengan kain itu..Roger membantu memegangi Carolyn..Lorraine mengambil kursi dan menduduki Carolyn di kursi itu dengan bantuan Roger dan Ed..Lorraine kemudian mencari tali dan mengikat Carolyn di kursi itu..Brad memborgol tangan Carolyn di kursi..

Setelah itu Ed berniat memanggil pastor Gordon agar ke situ tapi Lorraine bilang itu tidak mungkin melihat kondisi Carolyn sekarang dan mereka tidak memiliki banyak waktu..

Akhirnya Ed memutuskan untuk melakukan pengusiran setan sendiri..Lorraine berniat membantu namun Ed melarang..Lorraine memaksa, sebelum dia mendapat jawaban dari Ed, dia berlari keluar mengambil buku doa..

Ed akhirnya memulai prosesi pengusiran setan dengan Carolyn tertutup kain putih diikat dan diborgol di kursi..

“Dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus..Aku mengusirmu dari tubuh ini, Setan..Aku malaikat suci Michael yang melindungi manusia” kata Ed sambil melemparkan air suci ke Carolyn

Langsung saja Carolyn berteriak histeris dan seluruh barang di ruangan itu bergerak sendiri berjatuhan..

***

Christine yang menunggu di dalam mobil tiba-tiba ketakutan karena mendengar suara aneh..Dan ternyata banyak burung-burung di luar bertebangan di sekeliling rumah..Burung-burung itu menabrak dinding dan mati..

Drew yang sedang mencari April juga menyaksikan hal itu..Burung-burung menabrak jendela dan mati..

***

Ada seekor burung juga yang masuk ke dalam ruang bawah tanah dan mati..

Ed melanjutkan membaca buku doa dan meminta agar kursi Carolyn dipegangi..Akhirnya Lorraine dan Roger memegangi kursi itu..

***

Drew akhirnya mendengar suara tangisan April di bawah tanah ruang dapur..Drew mencoba menghancurkan lantai di dapur itu..

***

Di ruang bawah tanah Ed masih terus membacakan buku doa..Lorraine berbicara ke Carolyn agar dia berjuang jangan biarkan setan itu mengendalikannya..Roger yang sudah tidak tahan melihat istrinya tersiksa meminta Ed menghentikannya..Namun Lorraine menjelaskan bahwa Ed sedang menyelamatkan jiwa Carolyn..

Dan tiba-tiba saja Carolyn mengeluarkan muntah darah..

Ed meminta agar setan itu menunjukkan wajah aslinya..Lalu kain yang menutupi wajah Carolyn sobek dan memperlihatkan wajah Bathsheba..

Ed terus membacakan buku doa dan tiba-tiba saja suasana menjadi tenang..Carolyn terdiam, barang-barang di ruangan itu berhenti bergoyang..Namun tidak lama kemudian kursi Carolyn mulai bergerak ke atas melayang dan berputar terbalik hingga menabrak atap..

Ed menyuruh ke Bathsheba agar menurunkan Carolyn..Lalu dia menjatuhkan Carolyn..

Roger, Lorraine dan Brad langsung menghampiri Carolyn..Ed yang berada di belakang tiba-tiba saja hampir tertimpa lemari jika tidak diperingatkan Lorraine..Bathsheba yang ada di tubuh Carolyn tertawa..

Roger melepaskan kain yang menutupinya (walaupun sudah dicegah oleh Lorraine agar jangan dibuka)..Roger bilang ke Bathsheba “jangan mengganggu keluargaku..Aku tidak tahu apa yang kau mau tapi jangan ganggu istriku..Lepaskan dia”

Ed melanjutkan membaca buku doa..

Bathsheba berhenti tertawa dan bilang “dia (Carolyn) sudah pergi..Sekarang giliran kalian yang mati”

Lalu senapan Brad bergerak sendiri dan hampir mengenai Ed yang langsung didorong oleh Brad menjauh..

***

Drew akhirnya berhasil menghancurkan lantai di dapur dan menemukan April di dalamnya..Drew langsung berteriak memberitahu yang lain..

***

Bathsheba mendengar itu dan langsung menuju ke bawah tanah di dapur melewati ruangan bawah tanah yang lain..Ed dan Roger mengejarnya..Lorraine mengejarnya melalui jalan lain..

Bathsheba berhasil menemukan April dan menangkapnya berusaha membunuhnya..Lorraine berada di dapur di atas mereka..

Ed memanggil nama Bathsheba dan saat itu juga Carolyn berubah menjadi Bathsheba..

“Dalam nama-Nya kuperintahkan kau kembali ke neraka” kata Ed

Lorraine memegangi kepala Bathsheba dan saat itu dia berubah menjadi Carolyn..Lorraine berkata “Ini anakmu..jangan menyerah”

Ed meminta Roger meyakinkan Carolyn..April sudah lepas dari cengkraman Carolyn dan sekarang berada di dekat ayahnya..

Roger meyakinkan Carolyn untuk terus berjuang melawan..Lorraine meminta Carolyn mengingat tentang yang dia katakan saat melihat foto keluarga..Tentang betapa berharganya mereka buat Carolyn..

Akhirnya Carolyn mengingatnya..Dia muntah dan tersadar..

***

Roger membawa Carolyn dan April keluar dari rumah itu..Di luar sudah menunggu Chrisine tak lama Andrea, Nancy dan Cindy tiba di rumah itu diantar mobil polisi..

April memberikan kalung yang berisi foto Judy ke Lorraine..

***

Ed dan Lorraine tiba di rumah..Lorraine menelpon pastor Gordon dan menceritakan semuanya..Ed menaruh kotak musik di museum di rumahnya..Saat Ed meninggalkan ruangan itu dan menutup pintunya, kotak musik itu terbuka dan mengalunkan lagunya..Tapi tenang tidak ada penampakan apapun di cermin🙂

_END_

 

buat yang belum nonton, gimana setelah membaca sinopsinya??bikin pengen nonton karena penasaran apa malah makin gak pengen??😀

di tunggu commentnya, kritiknya, sarannya buat yang udah baca ^.^

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s